Jumat, 28 Agustus 2009

Cuma Dua Permintaan

Seorang programmer freelance sedang melakukan negosiasi dengan calon kliennya yang cerewet dan terlalu banyak menuntut.

Klien : ”Saya minta kamu bisa membuatkan program yang bagus untuk perusahaan ini. Dan saya ingin program itu sudah dapat digunakan akhir bulan ini. Lalu mengenai biaya pembuatannya jangan mahal-mahal, ya! Kalau kamu harganya kemahalan, saya akan cari programmer lainnya. Toh di kota ini masih banyak programmer freelance seperti kamu.”

Programmer : ”Maaf, Pak. Saya tidak bisa memenuhi ketiga permintaan Bapak. Dan saya yakin programmer-programmer lainnya juga tidak bisa melakukannya.”

Klien : ”Apa maksud kamu? Saya kurang mengerti.”

Programmer : ”Tadi dari yang Bapak sampaikan, saya menangkap tiga buah permintaan berkaitan dengan pembuatan program untuk perusahaan Bapak. Permintaan pertama adalah programnya harus bagus. Permintaan kedua adalah bikin programnya harus cepat. Dan yang ketiga adalah harganya harus murah. Betul begitu, Pak?”

Klien : ”Ya, tepat sekali!”

Programmer : ”Begini, Pak. Semua programmer pasti tidak akan bisa memenuhi ketiga permintaan tersebut. Hanya dua permintaan saja yang dapat dipenuhi.”

Klien : ”Coba jelaskan maksud kamu. Saya tidak mengerti.”

Programmer : ”Programmer bisa membuat program yang bagus dan cepat. Tapi biayanya sangat mahal. Kalau mau buat program yang murah terus satu bulan jadi, ya programnya tidak mungkin bagus.”

Klien : ”Kalau begitu saya minta kamu buatkan program yang bagus dan murah. Soalnya itu yang penting buat saya. Bisa?”

Programmer : ”Bisa saja sih. Tapi jadinya tiga tahun lagi!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar